Minggu, 19 Februari 2012

NYAI GADUNG MELATI, SANG PENJAGA MERAPI


Entah sebuah kebetulan, atau memang  saling bertautan. Dalam sebuah kisah legenda tentang Ki Ageng Tunggul Wulung, disebutkan dalam pelariannya dari isatana Majapahit ke arah barat hingga sampai ke sebuah desa kecil di pinggir Sungai Progo. Dalam pelarian tersebut, Ki Ageng Tunggul Wulung beserta dengan pengikut pengikutnya, dan juga isteri tercintanya, yang bernama Nyai Gadung Melati, yang konon beliau ikut juga mokswa bersama suami tercinta Ki Ageng Tunggul Wulung.

Menyebut nama Nyai Gadung Melati ini, sekelebat anganku kembali ke belakang, akan sebuah kisah legenda tentang jaman di kala Kerajaan Majapahit mulai redup kejayaannya, dan banyak punggawa isatana dan bangsawan yang melarikan diri, menyisir sungai, pantai dan di gunung gunung di seantero Pulau Jawa.
Dalam kisah legenda tersebut diceritakan bahwa telah datang suatu masa, dimana Kerajaan Majapahit telah mengalami beberapa kali pergantian kekuasaan dan tak satupun yang dapat mengembalikan kejayaan seperti pada masa Sang Maha Patih Gajah Mada, dimana para bangsawan dan raja meyakini bahwa kejayaan mereka telah runtuh karena seorang sosok yang luar biasa telah lingsir meninggalkan mereka, karena perbuatan mereka sendiri yang saling rebut  kuasa, hingga rakyat jelata yang menjadi korban dan darah terbuang sia sia.

Sang sosok yang di kenal dengan sebutan Sabdo Palon, telah lingsir dan memilih menyepi di padepokan yang berada di Gunung Kelud. Maka, tak ada cara lain untuk membujuk Sang Sabdo Palon untuk kembali ke istana, bahkan sang raja sendiri, Prabu Kertawijaya yang berkunjung dan mohon kepadanya untuk turut serta mengayomi para raja Majapahit.

Di padepokan tersebut, tengah bercengkerama anatra Sabdo Palon, Petruk, salah seorang putranya yang berkewajiban menjaga Gunung Merapi di pusat Pulau Jawa, ditemani oleh Nyai Gadung Melati, Ki Megantara, Ki  Sapujagad, dan Ki Antaboga.

Dalam bercengkaram tersebut, Sang Petruk sempat menanyaka mengapa Sang Sabdo Palon meninggalakan Majapahit. Dan dijawab dengan bijak.

“Semenjak perang Bubat hingga perang Paregreg, Majapahit tidak memerlukan Sabdo  Palon. Majapahit sangat membutuhkan darah dari korban korban perebutan kekuasaan. Bukankah kamu  telah tahu, bahwa Sabdo Palon tak pernah menyatu dengan penguasa yang mementingkan nafsu kekuasaan, tidak memikirkan kepentingan  kawula yang masih hidup dalam penderitaan.”

Demikian percakapan singkat antara sabdo Palon, Petruk, Nyai Gadung Melati, Ki Megantara, Ki Sapujagad, dan Ki Antaboga, yang jauh jauh datang berkunjung dari Gunung Merapi ke padepokan sabdo Palon yang berada di lereng Gunung Kelud.

Dalam legenda yang hidup di sekitar Gunung Merapi, nama nama itu memang ada hingga sekarang. Ki Petruk yang dipercaya sebagai penjaga Gunung Merapi, Nyai Gadung Melati yang di percaya sebagai ratu dari para makhluk halus yang bermukim di gunung merapi yang bertugas untuk menjaga kelestarian alam dan penduduk sekitar. Sedangkan Ki Megantara, konon adalah penjaga angkasa di sekitar Gunung Merapi, yang betugas menjaga agar apabila Gunung Merapi mengamuk, maka udara di sekitar tak begitu membahayakan penduduk. Ki Sapujagad, yang konon terciptasebagai hadiah  karena “laku prihain” raja pulau jawa pertama, agar turut serta menjaga keselamatan penduduk sekitar Gunung Merapi, dan Ki Antaboga, yang bertugas mengelilingi kaki Gunung Merapi dan menjaganya agar tetap seimbang dan tak turun ke dasar bumi.

Apakah Nyai Gadung Melati yang tersebut dalam dua kisah legenda itu tokoh yang sama, atau bukan, atau satu tetapi dua, atau sama tapi beda, sulit memastikannya. Namun yang jelas, dua tokoh itu tetap hidup di alam pikir kita, sebagai tokoh yang masing masing punya karakter, fungis, tugas dan kewajiban yang harus dilakukannya.

Dalam kisah legenda yang terjadi akhir akhir ini adalah, munculnya Nyai Gadung Melati akan datang  menemui warga sekitar Gunung Merapi dalam mimpinya. Dan apabila hal itu terjadi, warga telah maklum dan dapat mengartikan mimpi tersebut sebagai sebuah peringatan bahwa bahaya dari Gunung Merapi akan datang. Harus waspada.

Pun demikian dengan waktu penulisan ini. Tulisan ini dibuat pada tengah malam, dengan jendela kamar yang terbuka lebar, angin malam bebas masuk ke ruangan. Setiap ku sebut nama Nyai Gadung Melati, seolah sosok itu hadir menemaniku. Sluman, slumun, slamet, doa pengestunipun. 

4 komentar:

  1. Kok Bisa percaya masalah yang takhayyul ?

    BalasHapus
  2. maaf, saya pikir ini bukan takhayul Mas Muhan....

    BalasHapus
  3. bagi yang tidak percaya apapun bisa jadi tahayul, sampai agama pun adalah tahayul karena tak dapat dirasakan. tapi lain halnya bagi mereka yang percaya. intinya saling menghormati itu adalah yang paling utama. seberapa yakinpun kita terhadap apa yang kita pegangi.

    BalasHapus
  4. JUST INFO FOR ALL NETTERS FROM MY BEST FRIENDS in BALI

    RED RUBY SAPPHIRE POMEGRANATE ( an Heritage Object ) is a magical objects made of natural stone and has safety benefits, luck, and prosperity. RED RUBY SAPPHIRE POMEGRANATE is generated from a series of energy through the process of filling the special rituals and meditation , RED RUBY SAPPHIRE has merit as spiritual protection and immunity from attacks that are injured or hurt, both physical attacks and attacks carried out by using the occult, such as witch craft, pellet sand witch craft.

    INFO KEBERADAAN MUSTIKA MD BALI : MUSTIKA MERAH DELIMA 100% ASLI .BERKHODAM GHOIB dgn KHAROMAH TINGKAT TINGGI – PULAU BALI , INDONESIA

    PERLU Di Garis bawahi Bahwa ::: MUSTIKA MERAH DELIMA Yang kami Miliki Bukan lah Hasil Isian / Tirakad Namun Murni dari ALAM dengan Kata Lain Asli Warisan Turun Temurun Spiritual Dari Alam Ghoib .

    Mohon Maaf sebelumnya dan Mohon Idzin untuk berbagi informasi ini , Barangkali saja ada yang sedang mencari – cari Benda bertuah yang satu ini , Mungkin sudah lama mencaricnamun belum bertemu jodohnya hingga saat ini, biasanya para Pengusaha, Pejabat , Militer , Sultan , Keturunan Raja Raja yang ingin memiliki Benda Bertuah yang satu ini.

    Mahar dan Mekanisme nya Boleh Call By Phone Session / Whatsapp
    KAMI MENCARI YANG SERIUS & SEBAGAI ORANG YANG INGIN MERAWAT PUSAKA INI DENGAN HAL BAIK.
    INSHA ALLAH Bagi Yang Benar-Benar Serius dengan Niat , Hati Jernih & Bersih
    Akan berjodoh dengan Khodam nya MUSTIKA MERAH DELIMA ASLI

    Kami Hanya Melayani Khusus bagi yang Mampu secara Lahiryah dan bathiniyah . dan Bukan ada Niat untuk Mengadu tanding ILMU SPIRITUAL . Pertemuan Mediasi akan hanya kami layani di PULAU DEWATA di BALI ( BALI ISLAND – INDONESIA ).

    Ciri-ciri Mustika Merah Delima asli yang kami Miliki :

    • Bentuknya Kecil seukuran biji delima. Tidak besar. Kalau besar, dapat dipastikan palsu.
    • Warna merah tanpa gelembung dan mengkristal.
    • Bila MD dalam segelas air. Rendam dalam segelas air. Bisa menembus 5 gelas hingga lebih, sesuai dengan niat kebersihan hati dari orang yang ingin meminangnya dan tidak hilang dalam waktu satu bulan.
    • Tembak rendaman gelas dg peluru. Gelas tdk pecah. Bila menggunakan silet Anti Cukur .
    • Dapat Menyala di dalam air / memerahkan air
    • Dapat digunakan untuk pengobatan segala macam penyakit (ringan ataupun berat / penyakit medis / non medis Insha Allah dengan se izin ALLAH SWT .
    • Kewibawaan tingkat tinggi
    • Daya kekuatan khodam & berkharomah sangat tinggi
    • Memajukan usaha bagi yang memegang / memilikinya
    • ANTI CUKUR (AC) Pengetesan : Rambut siapapun yang memegang benda tersebut, tidak akan bisa diputuskan dengan silet yang masih baru.

    Batu Mustika Merah Delima Hasil Pemberian Warisan Turun Temurun Ghoib dari tempat yang di Sucikan kekeramatannya. Bagi yang berminat / serius untuk Meminangnya dapat menghubungi saya sebagai pemilik batumustika

    SALAM JAGAD SPIRITUAL

    KI DALEM SAPU JAGAD
    HP +62 819 1653 9805
    Whatsapp : +628969007771
    EMAIL : kidalemsapujagad@gmail.com
    http://mustikamerahdelimabali.blogspot.com

    MOU/MEMORANDUM OF UNDERSTANDING ( surat kesepakatan bersama )
    ket. ikuti aturan standar yg ada, serta pemilik di lindungi secara hukum oleh buyer, karena MOU akan dibawa ke Notaris utk dibuatkan surat pernyataan resmi bahwa penghasilan/pendapatan secara mendadak/spontan dari dana besar yang didapat di pertanggung jawabkan secara hukum agar tidak dicurigai sebagai dana ilegal ( Dana Teroris, Dana Korupsi & Money Laundring)

    SEKILAS MENGENAI MUSTIKA MERAH DELIMA YANG KAMI MILIKI .::http://mustikamerahdelimabali.blogspot.com
    SALAM JAGAD SPIRITUAL

    KI DALEM SAPU JAGAD
    HP +62 819 1653 9805
    Whatsapp : +628969007771
    EMAIL : kidalemsapujagad@gmail.com
    http://mustikamerahdelimabali.blogspot.com

    BalasHapus