Saturday, October 20, 2018

Situs Sendang Krapyak Margoagung Sleman

 Sendang Krapyak. Demikian aku menyebutnya. Karena sendang ini terletak di dusun Krapyak, Margoagung, Sleman. Sekitar 100 meter dari Penampungan BCB Seyegan. Semula waku kira tempat ini adalah makam. Lokasinya di dataran rendah, hanya terlihat jalan depan berkonblok dari jalan utama kampung.  Yang menarik saat melihanya adalah adanya sebuah batu kotak dengan gurat khas. Gurat gurat yang sering kulihat pada batuan batuan candi semacam yoni ataupun lapik.
Segera ku dekati, dan benar. Sebuah batu berukuran sekitar 80 cm x 80 cm, dengan ketinggian sekitar hampir 40 cm, dengan lubang persegi dengan kedalaman sekitar 30an cm, dan lebar adri lubang juga 30an cm. Batu ini terletak tepat di depan sebuah tempat pemandian, sendang dalam bahasa jawa. 
Cukup bersih dan terawat. Penduduk saat ini jarang menggunakannya karena di sebelah selatan dari sendang ini terdapat aliran sungai yang lebih terbuka dan lebih nyaman untuk mencuci pakaian. Konon tak jauah dari tempat ini juga ditemukan sebuah batu sejenis dengan ukuran yang lebih besar. Sayang sekali saya belum menemukannya.
Tidak diketahui dengan pasti tentang asal muasal batu itu. Namun merujuk pada penemuan penemuan sejenis yang ada di penampungan Seyegan, menurutku batu itu adalah peninggalan jaman kerajaan era Medang. 










No comments:

Post a Comment