Friday, March 13, 2020

Petilasan Brawijaya V di Patuk Gunungkidul

Petilasan Brawijaya V terletak di RT 03 RW 01 Padukuhan Batur yang merupakan tempat Wisata Budaya dan Spiritual. Menurut Jumbadi selaku Juru Kunci di sana, Petilasan Brawijaya V ini dulunya adalah tempat ari-ari (tali pusar) Raden Brawijaya ditanam dan ditandai dengan ditanami Pohon Beringin. Sampai sekarang pohon tersebut masih hidup dan disakralkan oleh warga masyarakat sekitar.

Beberapa tokoh masyarakat di sekitarnya masih percaya dengan hal-hal yang mistis yang berkaitan dengan pohon beringin tersebut. Setiap Bulan Suro tempat itu dibersihkan dan diberi sesaji yang bertujuan untuk persembahan bagi nenek moyang. Pohon Beringin tersebut dibalut dengan kain kafan yang diganti setiap satu tahun sekali pada Bulan Suro.

Warga Batur masih menjunjung tinggi tradisi ini dan melestarikannya sampai sekarang. Petilasan ini juga selalu dibersihkan oleh warga secara bersama-sama setiap bulannya. Selain itu, rencananya petilasan tersebut  akan dijadikan tempat Wisata Budaya dan Sipritual namun belum dapat terwujud sampai sekarang. 









No comments:

Post a Comment