Saturday, September 21, 2019

Sendang Beji, Sentolo, Tak Kerontang Walau Kemarau Panjang

Sendang ini terletak di Dusun Kleben, Kaliagung, Sentolo, Kulon Progo. Keberadaan sendang ini menurut cerita, sangat erat kaitannya dengan nama dusun tersebut.
Konon pada jaman dahulu, sumber air dari sendang ini sangat besar, dan tak pernah kering, bahkan hingga sekarang. Begitu besarnya sumber mata air itu, hingga menggenangi desa terdekat. Mungkin karena sudah terbiasa dengan genangan dari sumber air itu, maka dari warga desa tersebut kemudian muncul perkataan, “keleb yoben”, yang artinya tergenang air ya biarlah. Dari kata kata “keleb yoben” itulah kemudian desa tersebut dinamakan Desa Kleben.
Lalu sesuai petunjuk sesepuh desa, oleh warga sumber air itu berusaha ditutup dengan  seperangkat sesajen yang terdiri dari gong, padi, dan kendang. Alhasil sumber air itu bisa tertutup dan tidak meluap. Adapun luapan airnya, kemudian dibangun semacam kolam yang kini disebut sebagai Sendang Beji.
Sendang ini konon tak pernah kering walaupun  kemarau panjang. Hingga kini, sendang ini masih dipergunakan warga untuk kebutuhan sehari hari. Konon air dari sendang ini bertuah, dan lokasi sendang kadang dipergunakan untuk ritual.
Letak sendang ini, cukup dekat dengan situs Candi Ngreco. Hanya terpaut sekitar 500meter. Perlu dijaga kelestariannya.
















No comments:

Post a Comment