Wednesday, September 12, 2012

SUMANTRI, MIKUL GENDHONG LALI (2)


“Sumantri, tahukan kau bahwa singgasana kerajaan ini masih belum lengkap?” tanya Sang Raja.
“Maksud Baginda?” tanya Sumantri tak paham maksud baginda.
“Apakah Sang Begawan tak pernah bercerita kepadamu tentang aku?” tanya Sang Raja kemudian.
“Ampun Baginda, ayahanda pernah bercerita tentang Baginda.” Kata Sumantri agak ketakutan.
“Nah, apa yang menurut Sang Begawan merupakan kekurangan dari aku saat ini?” tanya sang Raja.
“Seorang pendamping Baginda….” Jawab Sumantri dengan agak gemetar, karena takut bila jawab itu tidak berkenan di hati Baginda Raja.

“Hmmmm…..benar kau Sumantri, itulah yang hingg saat ini mengganggu pikiranku.” Kata Sang Raja pelan.
“Hamba Baginda, lantas maksud Baginda?” tanya Sumantri memberanikan diri.
“Ada seorang wanita yang sangat ingin aku jadikan permaisuri di Mahepati ini Sumantri. Bersediakah engkau melamarkannya untukku, sebagai syarat untuk dapat kuterima pengabdianmu?” kata Sang raja tiba tiba.
Sumantri terkejut mendengar perintah itu. Sungguh sebuah kehormatan baginya untuk menunaikan tugas itu. Matanyapun kemudian berbinar binary, dan mulutnya tersenyum lebar.

“Duli Tuanku Baginda, hamba sanggup melaksanakan perintah Baginda.” Jawab Sumantri mantap.
“Bagus! Pergilah ke Negeri Magada, dan lamarkan puteri Dewi Citrawati untukku…” kata Sang Raja tegas.
“Baik Baginda. Segera hamba mohon diri untuk berangkat ke Magada.” Jawab Sumantri sambil mohon diri
Kemudian Sumantri berangkat menuju Negeri Magada, dengan disertai dua orang pembantu setianya. Setelah sampai di Magada, Sumatri segera menghadap ke istana, dan menyampaikan maksud kedatangannya. Gayung bersambut. Dewi Cutrawati bersedia menerima lamaran Harjunasasrabahu, namun dengan syarat, bahwa dalam upacara perkawinan hendaklah disertai dengan pengiring 800 orang puteri raja.

Persyaratn itu dipenuhi oleh Sumantri. Dia harus membuktikan pada Harjna sasrabahu bahwa dia memang layak untuk mengabdi di kerajaan Mahespati. Segera dia mohon diri dan berangkat mencari 800orang puteri raja. Setiap negeri dia datangi, dan segala macam cara dia lakukan. Bila sang puteri ataupun sang raja negeri tersebut tak berkenan, Sumantri tak segan segan menggunakan kesaktiannya dan menaklukkan negeri tersebut. Dengan kemampuan lahir batin yang di dapata dari ayahandanya, Sumantri berhasil menaklukkan lebih dari 500 kerajaan, dan berhasil membawa 800 orang puteri sebagai syarat untuk membawa puteri Dewi Citrawati ke kerajaan Mahespati.

No comments:

Post a Comment