Friday, January 31, 2020

Situs Yoni Sawah dan Gunung Emas Ponjong

Yoni tengah pari. Demikian kami, Team Ekspedisi Ponjong menyebutnya. Yoni ini terbuat dari batuan putih khas Gunungkidul. Letak yoni ini berada di tengah sawah, dengan bukit  kecil (orang menyebutnya gunung emas) di sebelah timur , serta hamparan sawah  di sebelah barat dan selatan, dengan kontur tanah yang semakin menurun.  pernah ditemukan sebilah belati kecil di dalam lubannya. Terpaut sekitar 2 km arah barat laut dari tempat ini, terdapat Situs yang diyakini sebagai, Petilasan Roro Jonggrang, dan 5 km ke arah barat, terdapat Situs Nandi dan Candi Tegalrejo Ponjong.
Menurut informasi yang didapat, tak jauh dari lokasi yoni, terpaut sekitar 1 petak sawah, pemilik lahan menerangkan bahwa di sawah miliknya, pernah secara tak sengaja ditemukan bebatuan persegi, saat ia mengolah sawahnya.  Saat Team Ekspedisi Ponjong di lokasi, tak dapat mencoba menelisik karena kondisi sawah telah ditanami. Tunggu masa panen, mungkin bisa dilakukan pengecekan bersamaan dengan pengolahan lahan.
Keberadan bukit yang orang sekitar menyebutnya sebagai Gunung Emas, juga layak untuk diperhitungkan jika di tempat ini dulunya mungkin merupakan sebuah  candi atau pemukiman, menilik dari beberapa temuan emas dan manik manik yang konon pernah ditemukan di tempat ini. Dugaan yang masih sangat prematur memang, namun semua itu tak menutup kemungkinan jika suatu saat dilakukan penelitian yang lebih mendalam.

Ekspedisi Ponjong masih akan berlanjut.








No comments:

Post a Comment