Friday, January 31, 2020

Situs Candi Sendang Temon Ponjong Gunungkidul

Sebuah sendang yang tidak terlalu besar, akan tetapi luapan airnya mampu membentuk sebuah telaga. Orang menyebutnya Sendang Temon. Konon, air sendnag itu tak pernah kering walaupun musim kemarau panjang. 
Team Ekspedisi Ponjong mendatangi dan berusaha mencari tahu kebenarannhya. Menurut pengalaman salah satu anggota team tersebut, ciri ciri sendang semacam itu, tentu menyimpan sesuatu misteri yang layak diteliti. 
Sendang itu telah dipagari temnok pondasi yang cukup tinggi, hingga memisahkan air sendang dengan luapannya. Air dari sendang tersebut ternyata sangat jernih, hingga kami mampu melihat apa yang berada di dasarnya. Walaupun sedang tersebut telat tertutup pohon beringin hampir setenganya, namun dibagian lain tempat orang mengambil air, masih cukup jelas terlihat dasar sendnag tersebut.
Dengan pengamatan yang cukup seksama, dapat dilihat beberapa batuan bertakik di dasar sendang, dan beberapa tertumpuk sebagai batas sendang, dengan dilapisi campuran semen diatasnya. Menilik bebatuan tersebut dan melihat keadaan sekitarnya, patut diduga bahwa di lokasi sendang tersebut dulu pernah berdiri bangunan candi.  tak jauh dari temapt ini, terdapat sebuah arca nandi yang kemungkinan adalah bagian dari bangunan tersebut. Untuk menengarai tempat tersebut, kami sepakat untuk menyebutnya sebagai Candi Sendang Temon. Yang tidak setuju, monggo parani dewe, gawe jeneng dewe.











No comments:

Post a Comment