Wednesday, October 11, 2017

Candi Pringtali, Jejak Sejarah Kulon Progo Yang Tersembunyi

Sebenere meh ngajak temen2, tp do sibuk terus, yo wis....cuuussss.....  tekan
Sering riwa riwi jogja wates mosok siji wae candi ra nemu.  Bikin malu aja! Hehehe. Ndilalah pas ada urusan di dinas kebudayaan, ngobrol ngobrol, browsing, ketemu. Candi Pringtali. 

Awalnya sempat ragu karena tak pikir ini di wilayah Samigaluh utara, tempat ketinggian, yang konon kabar dari seorang teman disana, kadang ada macan yang seing lewat. Tp trnyata alhamdulillah, aman. Bukan di daerah yang itu. Tp di Samigaluh bagian selatan.

Dusun Pringtali, Kelurahan Kebonharjo, Kec. Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Disitulah letaknya. Di pinggir jalan alternatif Nanggulan-Samigaluh. Jalanan sempit, berkelok kelok dan naik turun. Lokasi sangat terjangkau. Persis di depan SD. Kebonharjo.

Tak ada yang tau pasti kapan ditemukan dan dibangunnya candi ini. Kalo melihat bentuk bangunannyam candi ini adalah peninggalan jaman kerjaan hindu. Namun di abad berapa tepatnya, tidak diketahui.

Ku amati dari dekat, dekat sekali, tapi lekuk lekuk ukiran bebatuannya sama sekali samar. Satu persatu bagian susunan batu ku amati. Menurutku, ini lebih ke semacam punden. Tempat sesaji, berdoa pada Sanghyang Widi.

Yang sangat menarik dan membuatku penasaran (ora wani nrawang, wong jireh, hehehe) terdapat ratusan lebah madu di sela sela antara batu ke 7 dan 8 dari bawah.


Kui sing marai aku “mak jenggirat”!!! lha raono tawon blas neng kampung kono je.... alon alon mundur..... Bar.  Mungkin para pemirsa ada yg pernah kesini.  Bagi bagi kawruh gitu.












No comments:

Post a Comment