Wednesday, September 5, 2018

Yoni Taruban

 Taruban Kulon, Tuksono, Sentolo, Kulon Progo. Nama Taruban, karena di desa ini terdapat makam Djoko Tarub yang diyakini merupakan sesepuh atau cikal bakal dari terbentuknya sebuah lingkungan pemukiman yang diprakarsai oleh Beliau. Tentang jati diri Djoko Tarub itu sendiri tentu dari kalangan pembaca sudah banyak yang mengenalnya, baik dari cerita rakyat, kisah kisah pada jaman kerajaan dahulu dan sebagainya.
Yang cukup menarik dari desa ini selain adanya Makam Djoko tarub dan  Sendang Kamulyan, tak jauh dari dua lokasi tercebut terdapat dua buah yoni berukuran  sedang dan kecil. Yang berukuran sedang adalah 49 x 49 x 45 cm, dengan cerat sepanjang 25 cm, dalam keadaan relatif utuh dan terawat.
Satu lagi, yang berada tepat disisi yoni berukuran sedang tersebut, berukuran sedikit lebih kecil. 45 x 45 x 30, dengan keadaan setengah bagian rusak, dan cerat sudah hilang entah kemana. Kedua benda ini sudah dalam pengawasan dinas terkait. Di makam Djoko Tarub yang letaknya bersebelahan, konon pernah ditemukan sebuah arca nandi, namun menurut keterangan warga arca tersebut telah raib. Penulis mencoba menelusuri di area pemakaman dan hasilnya, nihil.
Jejak jejak peradaban masa lampau  Kulon Progo terlihat dari peninggalan peninggalan semacam ini.














No comments:

Post a Comment