Saturday, January 26, 2019

Situs Kaliasin

 Saat ku berjalan jalan mencari makan, tak sengaja ku sampai di wilayah Kaliasin, Tempel, Sleman. Menikmati sawah dan jernihnya air sungai mengaliri sawah, aku berhenti saat kulihat seorang bapak bapak berada di pinggir jalan sedang mengumpulkan rumput. Tegur sapa dan ramah tamah pun terjadi dengan sangat alami. Podo podo wong desone. Obrolan kesana kemari hingga menyentuh tentang sedikit sejarah desa Kaliasin ini. Rupanya, terdapat beberapa peninggalan kerajaan jaman dahulu disini. 
Cerita sebuah balok2 batuan bertakik yang ditemukan saat membangun saluran air, menggali sumur di kebun, sebuah arca di sungai, dan sendang yang penuh dengan batuan candi. Segera ku mengungjungi lokasi yang disebutkan. Dan benar..... luar biasah!!! Beberapa masih tersisa, kecuali arca yang konon sudah diambil oleh kantor. 
Yang masih tersisa diantaranya adalah sendang yang baik dinding maupun dasaranya menggunakan batuan candi. Balok balok dan batuan berelief di halaman, dan.... fragmen stupa. Aku tercenung....Apakah pada masanya dahulu,  ini merupakan daerah pemukiman? Peribadatan? Atau salah satu wilayah tata pemerintahan daerah?  Hmmmmm...............












No comments:

Post a Comment