Saturday, August 11, 2018

Yoni Irigasi

Tak jauh dari situs Lapik, Lingga dan Ghana Plumbon. Terletak di desa Kemiri, bersebelahan dengan desa Plumbon.Yoni Irigasi. Demikianlah aku menyebutnya. orang lain boleh menamainya sekehendak hatinya. Boleh....terserah. Sesuka suka kalianlah.
Benda ini aku temukan saat aku berjalan jalan untuk makan siang dari proyek. Aku sengaja berjalan jalan memutar agak jauh dari lokasi proyek namun masih cukup terukur jarak sehingga jika diperlukan sewaktu waktu aku bisa langsung ke proyek dalam hitungan 20 menit.
Sebenarnya, bukan benda ini tujuanku. Tapi sebuah benda yang aku duga adalah lingga karena menurut informasi yang ku dapat, bentuknya menyerupai lingga.
Saat berjalan agak kendang dengan sepeda motorku melalui persawahan, tiba tiba mataku melihat benda ini di pinggir jalan, tepat disamping saluran irigasi. Segera ku memutar balik motorku dan berhenti. Cukup menarik, karena disamping benda yang cukup bagus ini, diatsnya terdapat sebuah prasasti.
Ku dekati dan ku amati apa yang tertera dalam prasasti tersebut. Tak lupa aku ambil kamera untuk mendokumentasikannya. Disitu terdapat tulisan yang sudah samar, kabur, karena cat yang sudah memudar.
PELAKSANA
KELOMPOK TANI "NGUDI MAKMUR"
KEMIRI MARGOREJO
PENGEMBANGAN JARINGAN IRIGASI
CF-SKR DITBEN PSP KEMENTAN
TA 2012















No comments:

Post a Comment