Tuesday, August 28, 2018

Situs Tangkisan Hargomulyo Kokap Kulonprogo

 Sebuah pencarian yang ckup sulit. Entah berapa kali ku bertanya pada orang yang ku jumpai. Entah berapa macam istilah yang ku gunakan untuk menyebut yoni, yang menurut catatan sejarah berada di desa ini. Semuanya mentah. tak seorangpun tahu. 
Waktu di akhir pencrianku, hampir putus asa setelah bertanya kesekian kalinya, dumadakan lewat seorang pemuda dengan sepeda motornya yang cukup kencang untuk ukuran pedesaan. Dan, Ciiiiiiiiiitt........ dia mengehntikan sepeda motornya tepat disampingku. Setelah dengan menggambarkan sesuatu yang aku cari tersebut, dia mulai mengerti. 
"Woalah..... watu mesjid to. Niko ten deso sebelah. Nggih tasih masuk deso mriki, ning pinggir dewe ten cerak gunung. (desa yang sudah dari tadi tak puter-puteri. Huffff........). Aku langsung mluncur ke lokasi yang ditunjukkan. 
Mendekati titik lokasi, kebetulan bertemu dengan bapak bapak yang punya tanah dimana watu masjid itu berada. Dengan ramah Beliau menyambutku, dan mengantarkanku ke tempat watu itu berada. Dengan cara dan sepengetahuannya, Beliau bercerita tentang ini dan itu mengenai watu tersebut.
Begitulah.........
Konon batu itu pernah dilakukan penggalian, dan batu kotak yang kini hanya nampak permukaan tersebut berkedalaman sekitar 1 meter.
Beberapa pejabat pemerintah setempat pernah pula meninjau batu tersebut. Namun tetap seperti itu, dan tetap disitu hingga kini. 







No comments:

Post a Comment