Wednesday, May 16, 2018

Candi Lumbung Prambanan



Candi ini terletak  bersebelahan dengan Candi Bubrah. Terletak di Komplek Candi Prambanan. Tepatnya, diantara Candi Rara Jonggrang dan Candi Sewu. Candi ini bercorak Budha. Secara geografis, terletak di Dukuh Bener, Bugisan, Prambanan, Klaten.

Candi ini diperkirakan dibangun pada abad 9, masih satu pariode dengan Candi Bubrah dan Candi Sewu. Dinamakan Cand Lumbung karena dibagian dari candi ini terdapat arca yang cukup besar dengan ukiran yang relatif masih sangat jelas terbaca, yang dipercaya sebagai arca Dewi Sri. Dewi Kesuburuan. Dewi Padi. Mbok Sri, dalam budaya masyarakat Jawa.
Dewi Sri

Di wilayah tertentu, termasuk desa dimana saya tinggal waktu kecil, setiap panen padi, sekecil apapun sawah yang dimiliki, pasti mengadakan tradisi “wiwit”, yaitu semacam memanjatkan puji syukur pada Gusti Allah, di lokasih sawah itu juga, dengan cara  memberi berbagai macam makanan hasil bumi untuk Mbok Dewi Sri ini, yang setelah usai ritual “wiwit”, makanan makanan tersebut dibagi bagikan pada orang orang yang berada di sawah sekitarnya.
Peristiwa seperti ini sangat dinanti-nantikan oleh anak anak kecil seperti saya. Dengan berbekal sedikit keahlian memetik daun pisang di sawah, lalu menyobeknya dengan ukuran sepantasnya sebagai “piring” untuk menaruh makanan yang akan dibagikan.

Daun pisang itu kemudian diletakkan di pematang sawah bersama teman teman yang juga melakukan hal yang sama. Ikut pura pura berdoa sambil menunggu ritual selesai dan mendapat jatah “piring”nya akan diisi dengan nasi gurih, sambel gepeng, gudangan, lembong atau talas, secuil ikan asin, seperdelapan telus ayam rebus.

Lantas, dengan sigap segera mengambil “piring” daun pisang itu untuk “dipincuk” (bahasa Indonesianya gak ada dipincuk itu), lalu pergi mencari tempat yang lebih nyaman untuk makan. Selesai makan, cari lagi sawah mana yang sedang mengadakan ritual “wiwit”. Sampai pulang kemaleman, dan bapak simbok sudah menanti dengan sapu lidi di tangan. Hahahahaha....




No comments:

Post a Comment