Tuesday, May 22, 2018

Situs Yoni Jonggrangan


Terletak di Dusun Jonggrangan, Sumberadi, Mlati, Sleman. Tepatnya di sebelah barat makam, di tengah sawah. Warga sekitar menyebutnya batu gilang. Bahkan seorang nenek nenek yang kebetulan bertemu di sekitar batu yoni tersebut menyebutnya dengan Mbah Gilang. Konon menyimpan cerita tentang batu gilang tersebut.

Konon katanya, tmpat tersebut sering digunakan untuk sesirih, pinuwunan, karena dipercaya bahwa disitu tempat dari Mbah Gilang tersebut. Di tengah batu gilang yoni tersbut terdapat sebuah lubang persegi yang berisi air, yang tak pernah kering, walau sering diambil. Di atas batu itu terdapat pula sebuah batu yang berfungsi untuk menutup lubang tersebut. Diceritakan bahwa dahulu pernah seseorang berusaha mengambil batu tersebut namun entah mengapa, batu tersebut tiba tiba kembali di tempat semula seperti sedia kala.

Keberadaan yoni di tengah sawah itu, menurut penulis, kemungkinan terdapat batu lingga, sebagai pasangan dari yoni. Sehingga sering disebut lingga yoni. Adapun fungsi dari lingga yoni adalah sebagai lambang kesuburan, atau setidaknya sebagai tempat pemujaan kepada dewa kesuburan agar wilayah tersebut menjadi subur, hasil pertanian yang melimpah.  Sedangkan masyarakatnya pada jaman dulu bermukin di desa Jonggrangan dan sekitarnya, terlihat dari cukup banyaknya batu batu lumpang dan lesung di wilayah tersebut.

Batu gilang yoni tersebut sampai pada saat ditulis ini, masih dalam keadaan sangat baik. Dengan garis garis yang tegas serta cerat yang masih sangat jelas.
#wisatasejarah 081215503911









photo2 :












No comments:

Post a Comment