Friday, May 18, 2018

Situs Gondangan



Terletak di Desa Gondangan, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Tepatnya di belakang Polsek Ngaglik. Berupa tempat pemandian, dengan sebuah arca kecil, duduk dengan sikap bunga padma, tanpa kepala, dan sebuah batu persegi seperti lapik arca dan sebuah lagi semacam batu pipisan serta jaladwara.

Pemandian umum itu mempunyai air yang berasal dari mata air yang cukup jernih dan volume air yang relatif banyak, tidak pernah kering dan dimanfaatkan untuk mandi maupun mencuci warga sekitar. Kadang, di malam malam tertentu tempat itu juga digunakan untuk lokasi nenepi, sesirih, berdoa. Hal ini diketahui terdapat beberapa bekas bebungaan dan kemenyan yang masih tersisa di depan arca tersebut.

Sumber mata air Sendang Penguripan tersebut, demikian sementara orang menyebut tempat pemandian itu, dipercaya mampu sebagai sarana untuk pengobatan, baik sepiritual maupun non sepiritual. Baik dengan mandi, ataupun meminum airnya. Selain Sendang Penguripan, ada juga yang menyebutnya sebagai Sendang Puruhitosari.
Ada sebuah kepercayaan yang meyakini bahwa di lokasi tersebut merupakan tempat pemandian  Dewi Nawangsari dan teman temannya, serta dijaga oleh makhluk halus bernama Nyai Onggolono. Namun kesan mistis tersbut sudah tidak begitu terasa. Hal ini dimungkinkan karena letaknya yang semakin dekat dengan pemukiman, modern, dan lalu lalang orang di belakang polsek juga semakin ramai.

No comments:

Post a Comment