Tuesday, May 29, 2018

Ekspedisi Jayaningrat, Srumbung on Photo

Makam Adipati Jayaningrat II dan III

Kradenan, Srumbung, Magelang tepatnya. Di sebuah komplek makam yang cukup luas. Makam tua, tapi bersih, terawat, terdapat masjid yang lumayan besar di depan komplek makam. Kami sejenak melihat lihat dari luar, mengamati suasana, dan sekedar beramah tamah dengan dua orang ibu ibu yang sedang lewat. Setelah cukup dengan wawancanda, segera masuk komplek makam.

Terdapat sebuah papan silsilah yang cukup besar, lengkap, dan mudah dibaca. Kami mengamati dengan seksama, mencari tau silsilah siapakah Adipati Jayaningrat yang hendak kami kunjungi makamnya.  Adipati Jayaningrat ternyata adalah keturunan dari Sultan Hamengkubuwono, yang dapat diartikan pula bahwa beliau adalah trah dari Kerajaan Yogyakarta, yang berkuasa di wilayah yang sekarang masuk ke dalam wilayah Srumbung. Penerusnya, yaitu Adipati Jayaningrat II, berkuasa di Remame, yang sekarang menjadi sebuah wilayah kecil di Srumbung.



Yang menarik dari makam ini, selain makam kedua tokoh dan beberapa keturunan, terdapat prasasti berhuruf arab di batu nisan, serta di kayu nisan. Selain itu, terdapat 2 buah yoni berukuran sedang di komplek makam itu.





































2 comments: