Wednesday, July 18, 2018

Sendang Beji Sendangmulyo

Sendang Beji terletak di Dusun Diro, Sendang Mulya, Minggir, Sleman, Yogyakarta . Konon, Sendang ini pada tepiannya terdapat dua buah arca. Dua buah arca itu posisinya terlilit akar pohon beringin yang juga tumbuh di tepian sendang.

Tidak diketahui dengan pasti tentang identitas kedua arca tersebut. Hanya saja kedua arca tersebut hanya tampak sebagian saja karena tertutup oleh akar-akar beringin. Kini salah satu arca yang ada di sisi sendang tersebut telah hilang. Sementara salah satu arca yang lain posisinya terlihat semakin melesak ke dalam pangkal pohon beringin.

Menurut warga setempat kedua arca yang berada di bawah pohon beringin di sisi sendang itu sejak ditemukan keadaannya tidak utuh lagi. Bahkan katanya, tidak hanya dua, akan tetapi adalagi beberapa arca dan batuan yang ditengarai sebagai batuan candi, namun keberadaanya sekarang tak ada yang mengetahui dengan pasti.

Sendang ini cukup mempunyai energi yang besar sehingga dikeramatkan. Salah satu wujud dalam pengeramatan dan sekaligus pemeliharaan, kini sendang tersebut cukup bersih, ada masjid disebelahnya, dan air sendang digunakan untuk memandikan (jamasan) kuda lumping setempat.
Minggir...... cukup menarik perhatian dengan adanya beberapa temua benda benda prasejarah. Lanjuuuuuuuuuuuuutttttttt................





No comments:

Post a Comment