Wednesday, July 25, 2018

Lapik Balan Pondokrejo

Tak terduga duga. Tak dinyana nyana. Maksud hati ingin melacak sebuah benda yang tercecer dalam ingatan. Saat berbelok menuju Lengkong, karena aku melewati jalan yang belum pernah kulalui, kebetulan ada seorrang ibu dan anak gadisnya sedang mengangkut gabah di pinggir jalan, aku bertanya jalan menuju Lengkong. 

Setelah mendapat jawaban yang cukup jelas, aku berpamitan dan meneruskan perjalanan. Baru saja gas sepeda motorku ku putar, aku menengok sebelah kanan untuk memastikan bahwa tak ada kendaraan lain melintas. Aman. Dari kerlingan mataku, tak sengaja pandangan mataku menyapu sebuah batu kotak di halaman sebuah rumah. 
Seketika aku berputar dan mencari lokasi aman untuk menempatkan sepeda motorku. Ku berjalan mendekat. Sayang...rumah itu dalam keadaan kosong. Segera ku ambil kamera untuk membuat dokumentasi, dan mengamati dari dekat.
Sebuah batu kotak. Dari seorang teman mengatakan bahwa batu itu adalah sebuah lapik. Peninggalan kerajaan jaman Medang.
Entahlah.......







No comments:

Post a Comment