Monday, June 25, 2018

Padepokan Mesu Budi Kali Opak

Dulu, waktu sering lewat tempat ini, memang sudah terlihat sebagai tempat untuk melakukan sesuatu. Terlihat dari jalan di atas sungai Opak itu, sebuah pertemuan 2 aliran sungai (tempuran), dengan semacam tugu kecil berdiri di pinggirnya.

Seiring berjalannya waktu, pelan pelan ku dengar cerita dari beberapa orang bahwa tempat tersebut (tempuran) adalah tempat untuk lelaku prihatin, berdoa, panyuwunan, dan entah apalagi istilahnya, memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan melakukan ritual berendam di tempuran tersebut, orang jawa menyebutnya “tapa kungkum”, bertapa dengan cara berendam.

Maka, tak heran jika pada malam malam tertentu, tempat ini agak ramai dikunjungi orang dari berbagai daerah. Masih cukup lekat diingatanku saat pertama kali aku menemani seseorang yang ingin sesirih di lokasi yang kemudian aku mengenalnya dengan Tempuran Mbah Pendek dari sesorang tersebut. Waktu itu keadaan masih cukup gelap. Hanya ada sebuah bangunan kecil, dengan tikar diatasnya, dan lampu hanya sekitar 5 watt. Remang remang di pinggir Sungai Opak. Namun selalu saja ada orang disitu.

Setelah parkir motor dan ikut bergabung dalam semacama pondok sederhana itu, menjelang jam 00.00 temanku kemudian melakukan tapa kungkum, sedangkan aku hanya menungguinya di bibir sungai sambil menyulut rokokku untuk mengusir dingin. Seperti itu kami lakukan hingga beberapa kali tiap malam Jumat. Entah apa yang dicari temanku itu.

Kini, setelah berpuluh tahun, kebetulan lewat tempat itu, aku sengaja untuk mampir dan melihat dari dekat. Rupanya pondok kecil dulu sudah dibangun sebuah pendopo yang megah, dengan mushola kecil di sebelahnya, dengan fasilitas air untuk wudhu yang cukup memadai. Dan barulah aku mengerti bahwa Tempuran Mbah Pendek itu merupakan sebuah padepokan yang bernama Padepokan Mesu Budi.  Mesu Budi bisa diartikan adalah upaya untuk menajamkan pikir dan olah bathin, dengan cara cara tertentu. Misalnya, mengurangi makan dan tidur, meditasi, termasuk tapa kungkum, untuk meraih tujuan yang dicita citakan.
Demikian kurang lebihnya.




No comments:

Post a Comment