Sunday, June 24, 2018

Puncak Mintaraga

Konon, di puncak bukit Mintorogo yang sangat indah dan hening inilah, dahulu tokoh pewayangan Arjuna, ditemani para punokawan yakni Semar, Petruk, Gareng dan Bagong, pernah menyepi dan bersemedi, hingga menjadi seorang begawan, dengan gelar Begawan Ciptoning.
Potensi puncak Bukit Mintorogo, baik berupa keindahan alam, suasana perbukitan maupun mitos/legenda masyarakat itulah yang coba digali warga desa setempat sebagai tempat wisata.
Terletak di Desa Mintorogo, Kelurahan Gayamharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, puncak Bukit Mintorogo memang sedang menggeliat.
Meski belum setenar tempat wisata lainnya di kawasan Prambanan, objek wisata yang berada di sisi timur Candi Ijo ini mulai banyak menerima wisatawan. Setiap akhir pekan, sejumlah anak-anak muda nampak bersantai menikmati keindahan panorama dari atas bukit ini.
Cukup dengan berjalan kaki melintasi jalan setapak yang teduh dan rindang, selama sekitar 10 menit, wisatawan akan sampai di atas puncak bukit. Puncak pertama biasa disebut Puncak Mintorogo. Konon, di tempat inilah para punokawan menunggu sang begawan Arjuna bertapa.
Sementara sekitar 100 meter dari Puncak Mintorogo, terdapat Puncak Indrakila. Di puncak dengan petilasan berupa batu dua undakan inilah konon Sang Arjuna, melakukan ritual semedi selama berbulan-bulan hingga mendapatkan gelar atau julukan Begawan Ciptoning.

Sumber : Mintorogo

























































No comments:

Post a Comment